Alasan Mengapa Lovebird Jantan Takut dengan Lovebird Betina

ternak lovebird - Sebagian besar Lovebird jantan takut dengan Lovebird betina. Kalau ini sama seperti suami-suami takut istri. Jadi ternyata tidak cuma di kehidupan manusia saja, sebab di dunia burung Lovebird juga demikian. Melainkan, tentu ada alasan mengapa Lovebird jantan takut dengan Lovebird betina.

Ya, memang ada sebagian alasan yang melatarbelakangi Lovebird jantan ketakutan kepada Lovebird betina, khususnya dikala pelaksanaan mengerami telor. Sebetulnya wajar, mengingat naluri seorang ibu pasti berharap melindungi buah hati-si kecilnya, termasuk dari ayahnya sekalipun.



Lovebird betina juga demikian itu, ia berharap melindungi telor-telornya, sehingga kebanyakan Lovebird betina sering menyerang Lovebird jantan dikala sedang bertelor.

Apakah semua Lovebird betina ganas kepada Lovebird jantan? Jawabannya tidak senantiasa, sebab ada juga Lovebird jantan yang menonjol mengejar-ngejar Lovebird betina kemudian menyakitinya.

1. Ukuran Lovebird Betina Lebih Besar dari Lovebird Jantan
Kalau tubuh pasangan tidak sama, tentu pasangan yang tubuhnya kecil sering ditindas oleh pasangan bertubuh besar. Kalau ini sama dengan Lovebird betina bertubuh besar yang menyerang Lovebird jantan bertubuh kecil.

Walaupun demikian itu, hal ini tidak bisa menjadi patokan sebab sekali-sekali Lovebird jantan ukuran tubuhnya lebih besar dari Lovebird betina.



Baca juga: Sistem Ternak Lovebird Untuk Pemula yang Baru Memelihara Lovebird

2. Lovebird Betina Over Seksualitas
Lovebird betina yang sedang over birahi (OB) pastinya mempunyai motivasi menggebu-gebu dan mental bertarungnya sangat tinggi. Kalau birahi tersebut tidak disalurkan dengan baik, karenanya Lovebird tersebut bisa menyakiti pasangannya sendiri.

Apalagi seandainya Lovebird jantan sedang kurang birahi, pasti Lovebird jantan akan menjadi target empuk Lovebird betina. Kalau sudah demikian, Lovebird jantan dan betina wajib seketika dipisah sementara agar tidak terjadi cedera atau malah kematian.

Baca juga: 2 Sistem Ternak Lovebird dan Parkit Komplit dengan Hasil Silangan

3. Pasangan Lovebird yang Baru Berjodoh
Pasangan Lovebird yang baru berjodoh lazimnya lebih dominan yang betina. Sebab, dikala awal ketahui, Lovebird jantan menonjol mengejar Lovebird betina. Melainkan, Lovebird betina cuma malu-malu saja. Setelah berjodoh, Lovebird betina jadi semakin nyaman dan kesudahannya berani menampilkan libidonya kepada Lovebird jantan.

Sayangnya, birahi yang berlebihan pada Lovebird betina justru membikin Lovebird jantan kewalahan. Sehingga, sering menonjol Lovebird betina menyakiti Lovebird jantan.



Baca juga: 6 Sistem Memilih Indukan untuk Ternak Lovebird yang Paling Pas

4. Lovebird Betina Jadi Indukan
Kalau Lovebird betina sudah menjadi indukan, maksudnya sudah bertelor, tentu yang diprioritaskan yaitu telor-telornya. Kalau Lovebird jantan mengajak kawin lagi, pastinya Lovebird betina tidak berharap sebab sedang melindungi dan mengerami telornya. Oleh sebab itu, Lovebird betina sering berang-berang kepada Lovebird jantan.

Kalau seperti ini akan berlanjut sampai telor-telor tadi menetas. Lovebird betina konsisten akan meloloh buah hati-si kecilnya sampai tumbuh dewasa. Kalau Lovebird jantan mengganggu sedikit saja, pasti akan diserang oleh Lovebird betina.

Berbeda ceritanya seandainya anakannya diambil oleh pemilik Lovebird untuk diloloh sendiri. Lovebird betina sudah tidak mempunyai tanggungan, sehingga Lovebird betina seketika berharap kawin lagi dengan Lovebird jantan dan menonjol akur kembali.

Baca juga: Usaha Sampingan Ternak Lovebird Komplit dengan Tarif Perhitungan Tidak

5. Lovebird Betina Terlalu Agresif
Kalau cuma Lovebird jantan, ada juga Lovebird betina yang mempunyai hobi kawin. Lovebird betina menonjol lebih agresif diperbandingkan Lovebird jantan. Lovebird betina akan mengejar-ngejar Lovebird jantan untuk diajak kawin.

Ya, demi menyalurkan libidonya yang sedang memuncak, Lovebird betina sekali-sekali sampai memaksa Lovebird jantan untuk melayani nafsunya. Kalau Lovebird jantan tidak berharap, lazimnya Lovebird jantan akan dibantai Lovebird betina sampai tewas.


Ada banyak kasus seperti ini yang menampilkan Lovebird jantan tiba-tiba mati di dalam glodok, padahal pasangan tersebut sudah pernah produksi sebagian kali.

Baca juga: 13 Sistem Membedakan Lovebird Jantan dan Betina yang Paling Sebagian

Kalau sebagian alasan mengapa Lovebird jantan takut dengan Lovebird betina. Sebagian besar, permasalahannya terletak pada birahi Lovebird betina yang terlalu tinggi. Kalau memang sebab over birahi, sebaiknya pasangan tersebut dipisah dulu kemudian Lovebird betina diturunkan libidonya dengan sistem mandi berair atau dikasih pakan milet putih.


Kalau artikel Burungnya.com berguna, jangan lupa like dan share ke sahabat-sahabat yang lain. Terima kasih.

Alasan Mengapa Lovebird Jantan Takut dengan Lovebird Betina
-->