Cara Ternak Lovebird Agar Sukses Untuk Pemula

ternak lovebird - Sebelum kami mengulas metode ternak lovebird agar sukses untuk pemula ini lebih jauh, ada bagusnya Anda membaca juga review kami tentang Cara Ternak Lovebird Dan Analisa Perhitungan Biayaagar bisa memperkirakan dana pasti yang akan dikeluarkan nantinya sebelum memulai bisnis ternak lovebird ini.

Karena dari analisis hitung-hitungan tersebut nantinya akan diperoleh ilustrasi pasti apakah bisnis ini baik atau tidaknya bagi Anda. Dan pastinya, dana awal yang diperlukan untuk memulai bisnis ternak Lovebird ini tidaklah terlalu besar, melainkan pendapatannya cukup menggiurkan.



Cara Ternak Lovebird Agar Sukses Untuk Pemula ini memang rupanya bisa dilakukan oleh siapa saja, asalkan punya keinginan dan ambisi yang kuat, punya hobi memelihari burung pastinya dan apalagi seandainya punya pengalaman beternak burung tentu akan lebih baik lagi.

Melainkan bagi yang tak punyai pengalaman sama sekali dalam memelihara burung rupanya masih bisa mencoba bisnis ternak Lovebird.

Cara Ternak Lovebird Agar Sukses Untuk Pemula
Lalu gimana caranya seandainya tak ber-pengalaman ternak burung melainkan mau memulai ternak lovebird? Terbukti caranya cukup gampang, Anda bisa mengambil pegawai yang sudah ber-pengalaman memelihara Lovebird. Dengan metode ini, tentunya pekerjaan Anda akan jauh lebih gampang. karena cukup Anda kelola keperluan-keperluan harian dalam hal pemasukan dan pengeluaran.

Dengan metode ini pengeluaran dana akan menjadi lebih besar dari yang diperkirakan di awal. Karena dengan solusi menggaji pegawai akan memaksa Anda mengeluarkan tarif tambahan lagi yang tentunya tak sedikit setiap bulannya meskipun efeknya benar-benar membantu untuk perkembangan bisnis ternak lovebird Anda.

Lalu bagaimana seandainya Anda sudah bercita-cita untuk tak menggaji seorang malahan pegawai dalam proses awal beternak lovebird ini dan Anda mau pengeluaran Anda akan jadi lebih hemat ketimbang menggaji seorang pegawai?

Untuk itulah kami berupaya secara detil membeberkan Cara Ternak Lovebird Agar Sukses Untuk Pemula dengan keinginan agar semakin banyak calon penangkar lovebird yang sukses dengan bisnis barunya tanpa perlu repot-repot lagi menggaji seorang pegawai.

Cara Ternak Lovebird Untuk Pemula
Dan untuk memulai itu seluruh, ada 6 langkah dasar yang mesti diketahui oleh Peternak Lovebird yang bisa dibuat sebagai panduan Cara Ternak Lovebird Agar Sukses Untuk Pemula :

1. Indukan Lovebird mesti Sehat dari Turunan Bermutu
Indukan Lovebird haruslah dipilih dari keturunan yang terjaga kualitasnya. Undang-undang “Benih yang baik akan di bisa keturunan yang baik” ini juga berlaku di lovebird, karena indukan yang berasal dari bawaan yang baik dan sehat berkualitas, tentu saja anakannya juga akan berkualitas nantinya.

Setelah proses pemilihan mutu, berikutnya Anda pilih indukan Lovebird menurut mutu suaranya maupun mutu warna bulunya, tergantung akan ke arah mana Anda dalam beternak Lovebird nantinya, apakah untuk kontes Kecantikan Warna Lovebird atau untuk kontes bunyi lovebird.

Penjodohan Lovebird
Perkawinan Lovebird (rumahpaksi.blogspot.com)
2. Pastikan Usia Lovebird sudah Siap Kawin
Seekor Lovebird siap kawin lazimnya menginjak umur minimal satu tahun, meskipun dalam situasi tertentu sebelum umur 1 tahun ada juga yang kawin, melainkan lazimnya kurang baik kesudahannya.

Baca Juga : Pakan Lovebird Terbaik Agar Ngekek Panjang dan Sehat

Perlu juga dilihat, cobalah memilih Lovebird jantan yang usianya lebih tua dari lovebird betina. Sangkar tersebut bertujuan agar indukan jantan lebih bisa mendominasi saat melakukan proses perkawinan.

3. Pembuatan Cara Lovebird
Cara Ternak Lovebird Agar Sukses Untuk Pemula juga dipengaruhi oleh sangkar atau sangkar lovebird itu sendiri, karena mesti menyesuaikan dengan banyaknya lovebird yang akan disilangkan nantinya.



Untuk jumlah indukan Lovebird yang masih terhitung sedikit atau semisal cuma sepasang Lovebird saja, karenanya Anda cukup membuat Cara Lovebird yang ukurannya sekitar 50 x 100 x 50 cm. Sangkar seandainya jumlah indukanya cukup banyak, karenanya buatlah Tempat Lovebird yang ukurannya jauh lebih besar dan bersekat-sekat.

4. Bertelur Cara Lovebird
Beternak Lovebird memang tak akan lepas dari yang namanya Glodok atau daerah bertelor dan juga daerah mengerami telor, karena tanpa adanya gelodok, karenanya seekor indukan lovebird akan susah bertelor dan meskipun ia bertelor melainkan tak akan mau mengerami telornya.

Cara Ternak Lovebird Untuk Pemula
image source (ternakdanburung.blogspot.com)
Glodok tersebut lazimnya terbuat dari bahan kayu yang cukup keras dengan ukuran rata-rata 20 x 20 x 25 cm dan lazimnya berbentuk

kotak persegi. Agar indukan Lovebird bisa merasa nyaman, karenanya sebaiknya di sekitar glodok tersebut disediakan kayu hasil serutan, ranting-ranting kecil dan juga dedaunan agar indukan bisa membuat sarang di dalam glodok tersebut. Oh ya, biarkan saja mereka membuat sendiri sarangnya.

5. Bedakan Karena Kelamin Lovebird
Penting sekali bagi Anda untuk mengetahui dengan terang variasi kelamin Lovebird yang akan Anda kawinkan benar-benar memiliki variasi kelamin yang berbeda. Karena dalam sebagian kasus, banyak sekali Lovebird kelihatannya senantiasa berpasangan rupanya memiliki variasi kelamin yang sama.

Banyak kejadian seandainya Lovebird betina yang menonjol mesra berpasangan dengan sesama lovebird betina dan demikian itu juga sebaliknya. Sangkar ini menjadi salah satu karena kegagalan terbesar bagi peternak pemula.



Untuk mengetahui dengan terang dan benar variasi kelamin Lovebird jantan dan betina yang akan Anda jadikan sebagai indukan nantinya, Anda bisa membaca artikel Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Paling Agar ini.

Di tahap ini memang diperlukan sebuah kesabaran dan ketekunan yang cukup ekstra karena disinilah letak penting sebuah kegagalan atau kesuksesan dari penangkaran lovebird itu sendiri. Pastikan Anda melaksanakannya dengan benar-benar baik di tahap ini.

6. Makanan Lovebird memberi pengaruh proses bertelor
Cara Agar Lovebird Cara Cara bisa juga dengan mencoba memberi pakan yang memiliki nilai nutrisi cukup tinggi agar asupan nutrisi pada lovebird biaa terpenuhi. Anda bisa mencoba memberikan Pakan Lovebird dari bahan – bahan natural berkualitas tinggi seperti biji sawi, milet, jagung muda, kwaci, tauge, kenari seed dan tulang sotong.

Untuk bantu sotong sendiri, banyak peternak lovebird profesional yang mengharuskan makanan variasi ini. Kandungan proteinnya yang benar-benar tinggi jadi nilai lebih bagi indukan lovebird, dan itulah yang menciptakan tulang sotong pilihan utama bagi makanan lovebird.

Cara Mengawinkan Lovebird dengan baik dan benar
Setelah dasar-dasar Cara Ternak Lovebird dengan benar, karenanya langkah berikutnya tentu saja ialah proses mengawinkan indukan lovebird. Lalu bagaimana caranya mengawinkan indukan lovebird?

Anda bisa mulai dengan proses memasukkan indukan lovebird ke dalam sangkar, melainkan jangan lupa untuk mempertimbangkan lebih dulu variasi kelaminnya antara jantan dan betina. Kemudian tunggulah dalam sebagian hari ke depan, lazimnya sesudah 4 sampai 10 hari akan menonjol indukan mulai bertelor atau masih belum.

Cara Ternak Lovebird Agar Sukses
image source (gemarburung.com)
Kalau Lovebird Cara
 kedua indukan memang berjodoh, lazimnya Lovebird betina akan langsung bertelor rata-rata 3 butir jumlahnya. Melainkan masalahnya, hampir kebanyakan indukan betina tak mau mengerami telornya, dan hal inilah yang jadi penyebab telor-telor tersebut tak menetas.

ternak lovebird - Untuk mengantisipasi indukan yang tak mau mengerami telor nya, Anda bisa mencoba memancingkan dengan mendekatkan pasangan induk Lovebird lainnya yang sudah mau mengerami telor.

Cara Ternak Lovebird Agar Sukses Untuk Pemula
-->